Pages Navigation Menu

TIM PENGEMANAN HUTAN BERBASIS MASYARAKAT TEMUKAN PERAMBAHAN DAN ILEGAL LOGING DALAM HUTAN KONSERVASI.

TIM PENGEMANAN HUTAN BERBASIS MASYARAKAT  TEMUKAN PERAMBAHAN DAN ILEGAL LOGING DALAM HUTAN KONSERVASI.

Solok Selatan, 05 Novemeber 2014.

Salpayanri  sebagai koordinator tim perlindungan hutan berbasis masyarakat di wilayah Solok Selatan Sumatera Barat mengatakan, mereka menemukan lokasi perambahan baru yang mesih berupa tebangan di dua titik dengan luasan sekitar 4-5 hektar dalam kawasan hutan, berdasarkan koordinat yang mereka peroleh lokasi perambahan ini diduga masuk dalam Kawasan Taman Nasional Kerinci sebelat.

Selain menemukan lokasi perambahan, patroli (pengamanan hutan) yang mereka lakukan pada tanggal 22-26 Oktober 2014,  menemukan bekas aktivitas pengelolaan kayu secara illegal. Ditemukan tunggul kayu dan papan gubal yang berserakan dalam hutan, mereka menemukan empat titik lokasi illegal logging dengan perkiraan kayu yang diolah 10-12 Meter kubik. Lokasi penebangan ini pun diduga dalam kawasan konservasi.

Lebih lanjut disampaikannya, ICS (Institution Concervation Society) melakukan pengamanan hutan berbasis masyarakat ini secara rutin setiap bulan yang didukung oleh TFCA Sumatera dan Akar Network. Saat patroli tim ini terdiri dari lembaga ICS, Masyarakat dan Polhut. Walaupun dalam patroli kali ini mereka tidak menemukan pelaku di lapangan,  mereka berharap masyarakat tidak meneruskan kegiatan ilegal mereka dalam kawasan hutan karena kegiatan tersebut  melanggar hukum serta  akan berdampak negatif bagi lingkungan dan masyarakat secara umum. (p3)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>