Pages Navigation Menu

Pesona Alam Jangkat Merangin

Pesona Alam Jangkat Merangin

Merangin Jambi – Desa Pulau Tengah merupakan desa terbesar dan terluas di Kecamatan Jangkat. Mata pencaharian penduduk pada umumnya bertani, dengan tambahan usaha berkebun. Tetapi bukan hanya itu yang membuat desa ini istimewa. Sebab ternyata desa ini juga menyimpan banyak jenis wisata yang menarik, di antaranya panorama desa, dan ada tiga Danau serta air terjun Mentalun.

Mengenai panorama desa, bisa dikatakan desa ini merupakan salah satu desa terindah. Persawahan yang menghampar dengan lumbung-lumbung padi. Hutan yang masih ijo royo-royo (hijau), lengkap dengan sungai yang mengalir jernih di dalamnya. Menikmati pemandangan alam desa, seperti tak ada habis-habisnya melihat pemandangan yang indah. Semua seperti gambaran kita pada kerinduan alam pedesaan nan asri.

Bila ingin menambah kekaguman lagi mengenai keindahan wisata di sini, bisa juga kita menyempatkan untuk menikmati pemandangan ketiga danau di sekitar desa. Ketiganya biasa dikenal dengan nama Danau Dipati Empat (Danau Gedang), Danau Pauh dan Danau Kecil (Kecik).

Danau Depati Empat merupakan danau terbesar diantara ketiga danau tersebut. Terletak di bagian barat desa,berjarak sekitar empat jam perjalanan. Namun disarankan bagi Anda yang ingin pergi ke danau ini, agarmempersiapkan perjalanan sebaiknya karena masih sulitnya jalur yang harus ditempuh. Dua danau lainnya, biasa disebut penduduk sekitar dengan nama Danau Pauh dan Danau Kecik. Danau Pauh dan Danau Kecik terletak berdekatan di bagian utara desa. Berada di kilometer 4 dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat maupun roda dua selama 30 menit perjalanan dari desa.

Dari penuturan masyarakat sekitar, disebut Danau Pauh karena dahulu banyak pohon Pauh di sekitar pinggiran danau. Pohon Pauh ini menurut mereka, berbuah mirip mangga, dengan getah di sana-sini. Danau Kecik juga ternyata tak kalah berseleranya untuk didatangi. Danau terkecil di antara ketiga danau tadi, juga menyimpan aset berharga sebagai daerah tujuan wisata. Letaknya dikelilingi hamparan sawah yang tertata rapih dengan sistem terasiring, malah membuat danau ini laksana colloseum di Roma.Tak terbayangkan indahnya, bila padi yang terdapat di sekeliling danau kecil tersebut mulai menguning. Pasti pemandangan yang tercipta sulit tertandingi.

Aset wisata lain yang tampaknya belum juga tergali adalah air terjun Mentalun yang bertingkat. Bagian air terjunyang bawah setinggi 40 meter. Dengan air yang jatuh jernih di atas kolam selebar enam meter. Menurut informasi penduduk yang sempat menemani kami melihat tempat itu, masih terdapat banyak ikan di bawah air terjun tersebut. Ketiga aset tersebut sebenarnya merupakan potensi wisata yang sangat berpeluang untuk meningkatkan pendapatan daerah, tinggal bagaimana pemerintah daerah memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Kabupaten Merangin secara umum memiliki potensi wisata alam yang sangat indah di antaranya ; Danau, Gunung / Bukit, Air terjun, (Graw) Air panas, Arena jeram extrim, Goa, Geo park dan masih banyak yang lainnya.(yud red)

Sumber : http://napaktilasnews.com/pesona-alam-jangkat-merangin/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>