Pages Navigation Menu

KPA HIJAU KERINCI : Jalur dan jalan ke Gunung Kerinci

KPA HIJAU KERINCI : Jalur dan jalan ke Gunung Kerinci

Sungai Penuh, 20 Agustus 2014.

Teman-teman pendaki yang butuh informasi bisa menghubungi kami  KPA HIJAU KERINCI atau LEMBAGA HIJAU CONSERVATION  melalui kontak 0852-66488212.

……………………….

Kabupaten Kerinci Propinsi Jambi memiliki keindahan alam dan kesejukan udara yang sangat sempurna. Berberapa tempat wisata yang gemar dikunjungi masyarakat dan wisatawan antaralain Gunung kerinci, Danau Gunung Tujuh dan perkebunan teh.

Gunung Kerinci  adalah Gunung berapi aktif yang  memiliki  ketinggian 3.805 mdpl. Berbentuk kerucut dengan lebar 13 km (8 mil) dan panjang 25 km (16 mil), memanjang dari utara ke selatan. Pada salah satu sisi puncaknya   terdapat kawah sedalam 600 meter (1.969 kaki) berisi air berwarna hijau, berukuran 400 x 120 meter.

Tim Mendaki G. Kerinci

Sedangkan Danau Gunung Tujuh juga merupakan salah satu Danau tertinggi di Indonesia, berada di ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian hampir 2 kilometer dpl itu bisa dibayangkan betapa dinginnya air Danau Gunung Tujuh di pagi hari. Meskipun begitu, berendam di Danau Gunung Tujuh dengan air yang sangat dingin menjadi tantangan tersendiri.

Para  pendaki dan wisatawan dari berbagai daerah baik lokal maupun internasional  seringkali kesulitan untuk datang ke lokasi ini. Roma Indra salah satu masyarakat kerinci yang seringkali melakukan pendakian di Gunung Kerinci  menyarankan jika berkeinginan mendaki Gunung Kerinci diperlukan persiapan yang cukup baik.

Persiapan yang sangat penting adalah fisik pendaki dan logistik di perjalanan, namun ada satu yang sering kurang diperhatikan namun cukup penting adalah peta jalur perjalanan. Tidak Cuma jalur ketika mendaki gunung tapi jalur untuk dapat mencapai kaki gunung juga harus di perhatikan. Kami punya sedikit pengalaman, Lembaga Hijau Conservation & KPA Hijau Kerinci  perna mendapati teman-teman yang kesulitan untuk mencapai daerah ini.

Untuk urusan jalur mencapai kabupaten kerinci kami menyarankan teman-teman pendaki melalui tiga pintu masuk :

  1. Melalui jalur dari Bengkulu Bandar Udara Fatmawati Soekarno (BKS), kemudian melanjutkan perjalanan ke Kerinci yang akan melalui kabupaten Mukomuko, tapan kemudian sampai ke Kota Sungai Penuh atau kerinci. lebih kurang  10-11 Jam jalur darat).
  2. Jalur Melalui Sumatera Barat, dari Bandar Udara Internasional Minangkabau, Kota Padang (PDG),  lebih kurang  7-8 Jam jalur darat.
  3. Jalur Melalui Jambi, dari Bandar Udara Sultan Thaha Syaifuddin (DJB),   lebih kurang  8 -9 Jam jalur darat.

Sebenarnya disamping bandara ditingkat propinsi, ada berberapa bandara kecil yang terdapat di kabupaten terdekat bahkan ada di kabuaten Kerinci  Bandar Udara Depati Parbo (KRC), namun keberangkatan pesawat di jalur-jalur tersebut sangat terbatas dengan jadwal yang belum teratur.

Untuk  mencapai Kabupaten Kerinci menggunakan jalur darat kami merekomendasikan untuk menggunakan berberapa jasa ternsportasi misalnya ; jika teman-teman dari Padang (sumatera barat), Jambi, maupun Bengkulu dapat menggunakan Tavel  Safa Warwa (kontak Loket di Kerinci 0748-22376 atau 085266440224).  Dan dapat juga menggunakan jasa travel Ayu.

Untuk persinggahan jika diperlukan di kota sungai penuh- kerinci dapat menginap di berberapa hotel seperti Hotel Kerinci, Hotel Masgo dan Hotel Matahari. Selain di Kota Sungai penuh di sekitar Kaki Gunung kerinci terdapat berberapa  home stay.

Lebih lanjut Roma Indra mengatakan, jika teman-teman Pendaki   kesulitan  mencari informasi tentang  Gunung Kerinci  ataupun  Gunung Tujuh bisa menghubunggi  KPA HIJAU KERINCI atau LEMBAGA HIJAU CONSERVATION.  Dia juga bersedia dihubungi melalui kontak 0852-66488212 jika diperlukan katanya bersemangat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>